Pages

Sunday 5 May 2013

Sayur Lodeh




Mungkin banyak banget resep sayuran ini, tapi menurut aq pribadi resep ini lebih cocok di lidahku, jd gak salah narsis sedikit ya, masukin blog untuk dokumentasi pribadi,hehe. Untuk bahan bisa dimodifikasi, kalo aq seneng dengan tahu yang banyak, kadang pakai telur puyuh, ditambah tempe juga oke, jagung ataupun labu siam juga maknyus, apalagi tetelan daging atau potongan ayam… semuanya enak. Kali ini yang minimalis aja ya.

Bahan-bahan :
-        Tahu 10 potong, goreng sebentar agak kekuningan, bagi yg males bisa dskip
-        Kacang Panjang
-        Wortel
-        Irisan Cabe Merah & Hijau Besar
-        Lengkuas 2 cm geprek halus
-        ± 1300 santan cair
-        200 ml santan kental

Bahan yang dihaluskan :
-        3 siung bawang putih
-        ± 6 siung bawang merah
-        ± ½ sdt ketumbar
-        2 buah kemiri
-        Gula
-        Garam

Cara Memasak :
1.     Rebus santan cair, dan tungku kompor satunya untuk menumis bumbu halus beserta lengkuasnya, jika sudah matang dan wangi masukan ke rebusan santan cair.
2.     Masukan tahu beserta wortel.
3.     Jika mendidih, kecilkan api dan masukan santai kental (dirasa-rasa sendiri aja, kl tidak suka kental, ya jangan semua dimasukin), aduk-aduk.
4.     Masukan juga kacang panjang dan irisan cabe, masak sampai matang, jangan lupa diicip-icip ya.
5.     Sajikan

Note : Walaupun tidak separah masak dengan bahan dasar daging, masak dengan santan jg satu PR buat aq, masih agak sering santanya pecah walaupun rasa lodehnya tetep maknyus  buat aq, makanya sore-sore sering banget masak sayur ini dalam porsi besar, bisa disimpan di kulkas dan tinggal ngangetin untuk sarapan pagi sebelum ngantor. Oia, maap ya kll terlalu banyak symbol ±

0 comments:

Post a Comment