Pages

Tuesday 15 March 2011

Rempeyek Kacang


Alkisah (wayoooo) pada kamis sore....swami baru datang dari kantor, tiba2 saja langsung memberikan secarik kertas kecil yg sdh dilipet2, ini oleh2 katanya berujar......setelah saya buka eh.....ternyata resep rempeyek yg ditulis swami sendiri dari hasil wawancara temen kantornya yg sering naroh rempeyek di kantin kantor, kita bikin hari sabtu yuk ajaknya.....Apa????Rempeyek????, hmh......ta pikir2, oke lah.....hitung2 menyenangkan swami dan penasaran gmn sich cara bikin rempeyek. 
Bahan :
1.      ½ Kg Tepung Beras (Ros* Br**d)
2.      1 sdm Tepung Kanji (Ros* Br**d)
3.      1 Biji Telur (kocok terlebih dahulu di wadah ya)
4.      ± 50 ml santan (K**a)
5.      1,5 Ons Kacang Tanah (potong2 jadi 2 -3 bagian)
6.      10 lembar daun jeruk purut (Iris tipis2)
7.      Air secukupnya
 
Bumbu :
1.      4 siung Bawang Putih
2.      1 sdm Ketumbar
3.      3 butir kemiri
4.      1 jempol kencur (emmm jempolnya siapa y, y udah disesuikan dengan selera aja ya..)
5.      1 ruas kunyit (disesuaikan dng selera juga mau warna kuningnya kaya apa)
6.      Garam secukupnya



Cara memasak :
  1. Haluskan semua bumbu.
  2. Masukan Tepung Beras (saya sisakan 4 sdm dari tepung yg saya beli 500 gr an, jaga2 kalo keenceran, kan lucu kl harus ke warung dulu beli tepung beras lagi, iya kalo pada buka lah kl warungnya pada tutup kan gk elit kl  gagal bikin rempeyek gara2 kurang tepung 2 sdm, hahahaha),tepung kanji,bumbu, telur dan santan.
  3. Aduk2 sambil masukan air hingga rata dan kekentalan yg pas (hingga tahap ini silakan dicoba2 menggoreng ya, kl keenceran ya ditambah tepung kl kekentalan ya ditambar air deh)
  4. Campur kacang dan daun jeruk purutnya ke dalam adonan (cara rajinya bisa memasukan kacang dan daun jeruknya ke dalam sendok sayur ketika mau digoreng)
  5. Ambiul satu sendok sayur ukuran kecil, dan goreng deh ke dalam wajan yg sudah dipanaskan dengan minyak yg banyak ya. Cara menggorengnya dengan menyiramkan adonan ke sisi wajan....sambil disiram2 dengan minyak, ntar adonanya lepas juga koq dari wajan....nah kl udah lepas n gak males silakan dibalik biar kacangnya mateng.
  6. Oia........menggoreng rempeyek dengan api sedang ya, kl tll panas bisa cpt gosong, kl tll kecil bisa berminyak sekali hasilnya.....

Nah ini dia hasil rempeyeknya, banyak kan jadinya, ini belum termasuk yg sudah masuk ke perut selama proses penggorengan lho, oiya kl mau bikin rempeyek siapkan mental yg kuat ya, soalnya proses menggorengnya harus penuh kesabaran lho,bukannya susah sich, cmn dengan ukuran wajan yang standar, sekali penggorengan paling bisa 4-5 buah rempeyek lho,......tp hasilnya ckp memuaskan koq, silakan dicoba.

2 comments:

Farida said...

Pesen sekilo ya bu....

Vera said...

huwaaa.....katanya mau nyoba, pa ali kan suka peyek mbak !!!

Post a Comment